Menulis Biografi Singkat (Short Biography)

Ngatimin de Lalé

Biografi singkat yang saya maksud di sini adalah biografi singkat yang biasanya ada pada karya tulis ilmiah seperti paper atau jurnal. Biasanya biografi singkat seperti ini dibatasi jumlah katanya, misalnya 50, 100 atau 200 kata. Untuk menulis biografi singkat seperti ini tekniknya beda dengan menulis biografi biasa.

Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya mengikuti pelatihan Penulisan dan Presentasi Karya Tulis Ilmiah yang diselenggarakan oleh pihak kampus tempat saya mengajar. Saat itu pematerinya adalah Prof. Soegijardjo Soegijoko dari ITB dan salah satu materi yang paling awal diajarkan adalah cara menulis biografi singkat. Prof Soegi memberikan beberapa panduan tentang apa saja yang biasanya dicantumkan dalam sebuah biografi singkat untuk karya tulis ilmiah, diantaranya yaitu:

View original post 898 more words

Advertisements

Review – Reply 1988

Hey Ho ! Sekarang gue balik mau bahas salah satu Korean Drama yang menurut gue oke banget buat ditonton.

Kali ini gue bakalan bahas drama yang sempet ngehits di tahun 2015-2016 secara shootingnya diakhir tahun 2015 sampe awal 2016. Tadinya gue refuse to watch,  bcs I wasnt so intrested with Reply series since the first series Reply 1997 was aired. I dont have spesiphic reason. Hahaha. But Ani, told me to watch Reply 1988 since I dont have any drama to watch. So I decide to watch it!!

Surprisingly this drama is so so so good. I can give 10/10 for the score. 

Here’s the reason why you should watch Reply 1988. 

1. Para pemainnya kebanyakan wajah wajah baru 

Gak cuma fresh, mereka juga  good looking. Mulai dari Hyeri, Park Bogum (ah my fav adek adek),  Ryu Junyeol (our fav oppa), Go Kyung Pyo, Lee Dong Hwi, Ryu Hye Yong dll.  Nih list cast nya (dikutip dari Asianwiki)

Mereka ini menurut gue watak watak banget loh meranin karakternya, mungkin juga karena karakter di drama ini emang dibuat sereal mungkin. Ga ada karakter yang lebay gitu. Maksudnya kadang kan kalo nonton drama ada karakter yang jahatnya minta ampun atau ada yang terlalu baik ampe kerasa kaya “bodoh”, nah disini keren-nya ga ada karakter yang annoying kaya gitu.

2. Jalan cerita yang heartwarming

Bisa dibilang bertahun tahun gue suka nonton drama korea, baru kali ini gue ngerasa suka banget sama plot nya sampe ga satupun scene gue skip di keseluruhan episode and never getting bored. Reply 1988 emang ga fokus di hubungan percintaan aja tapi banyak fokus di permasalah keluarga yang gak lebay, alias biasa kita hadapi sehari hari. Mulai dari Ibu yang khawatir anaknya jadi berandalan, pemberontak, Ibu yang memasuki masa monopous, Ibu dan Ayah yang sibuk cari uang, persahabatan sekumpulan remaja yang berbeda background, kehidupan tetangga yang saling mengasihi, dan hal lain yang dikemas begitu apik yang bikin kita penonton ngerasa ngalamin masuk di dalam cerita. Dialog dialog yang kocak juga selalu ada, jadi kadang dibikin ngakak, kadang dibikin sedih ga karu karuan.

Flower boys di reply 1988 ><
Sunwoo and Bora >< My fav couple!!!
Adegan disini oke banget, bikin kelean semua cewe cewe klepek klepek hahaha

Selalu suka ama karakter Dongryong >< kocak dan selalu bikin ngakak

3. Setting Drama yang pas buat Nostalgia

Selain itu karena settingnya tahun 80-an, gue ngerasa canggih banget loh ini producer nya karena semuanya diset begitu mirip sesuai temanya yang emang jadul banget. Tau lah kan emang di set tahun 80-an tapi setiap nonton selalu keinget waktu gue kecil (pas itu tahun 90-2000an) yang hampir sama kaya di drama ini. Mungkin di korea sedikit lebih cepat kali ya kalo soal teknologi, jadi pas di mereka 80an, dikita 90an hehehe. Jalan Ssamundong dan rumah rumah didalamnya. Setting rumahnya ini ngingetin gue banget pas masih kecil dulu, ditambah lagi kebiasaan kebiasaan dari masing keluarga yang dituangkan bikin gue keinget banget waktu jaman kecil dulu. Misalnya pas liat emak emak ngobrol depan rumah sambil nyiapin buat masak, atau pas liat mak mak manggil anak anaknya buat makan siang, karena anaknya kelamaan maen di luar. Hahaha. Pokonya sakin bagusnya gue punya harapan bisa ke Ssamundong street kalo misalnya ke korea nanti, belakangan gue tau, kalo jalan Ssamundong juga bagian dari fiksi yang ga akan kita temu di kehidupan nyata (jadi sedih). Selain itu banyak pesan pesan yang disampaikan di drama ini, buat kita lebih ngehargai keberadaan orang disekitar terutama keluarga. Ada ya tuh scene yang Ibunya Sunwoo usaha banget buat lakuin apa aja demi anaknya sekolah dan pake baju atau sepatu bagus, tapi dia ga mau anaknya tau dan jadi khawatir. Pas Sunwoo marah tau ibunya banting tulang, Sunwoo cerita ke Bora (karakter kakak galak tapi buat gue dia yg awesome banget soalnya selalu kasih pemikiran mateng yang bikin kita jadi teriuh) dan Bora justru bilang “Kita memang pasti ngerasa khawatir kalo lihat orang tua kerja keras buat kita, tapi buat orang tua, memberikan yang terbaik buat anaknya adalah suatu hal yang selalu ingin mereka lakukan” setelah dikasih nasihat, baru deh Sunwoo ngerasa tenang dan mau terima keadaan. Disini gue jadi suka mikir, mungkin inilah yang dirasain nyokap yang selalu beliin gue baju, dan gue selaku bete karena ngerasa uang dia bakalan habis kalau buat beliin baju dan gue sadar, nyokap lakuin itu semua karena dia mau gue tampil lebih baik huhu Makasih ya Ma ♡♡

4. Kisah cinta yang bikin greget

Meskipun bertema family, pastilah ada tentang percintaannya. Nah di drama ini ga monoton, ga cuma ada 1 cerita, tapi ada 4 cerita percintaan. Mulai dari Dokseon, Jungpal, Taek, terus ada Bora dan Sunwoo, ada juga Jungbong dan Miok, ada yang ga kalah seru yaitu antara bapaknya Taek sama Ibunya Sunwoo. Kisah cinta yang paling greget yaitu antara Dokseon, Taek dan Junghwan, sempet viral dulu pas pada ngomongin masuk #TeamJunghwan atau #TeamTaek. Gue sendiri masuk Team Taek, kenapa? Karena Taek selalu mantap ngambil keputusan dan gak mikir panjang, dia juga bold ngungkapin perasaan, tapi bukan berarti Junghwan ga ok loh, dia juga ok cuma mungkin less effort dibanding Taek ><. Junghwan buat gue aja deh hahaha. Sunwoo and Bora juga ga kalah seru loh, mereka banyak banget hambatan buat bersatunya. So gue ga bisa cerita banyak karena terlalu banyak spoiler bikin kalian males nonton nanti hehehe.

Salah satu scene fav gue dan penug dengan quote berfaedah :

So sebenernya ada banyak banget alasan kenapa Reply 1988 is highly reccomended to watch! Baru mulai eps 1 aja bakal ketagihan buat nonton episode berikutnya.

Reply 1988 cuma 20 episode tapi bikin gagal move on bertahun tahun, kalo gue lagi bosen gue suka balik buat nonton ini drama, dan ga bikin bosen >< Semoga kalian tergerak buat nonton ya hahaha.. Please komen kalau udah nonton >< 

Anyway Happy Watching♡♡

List song to motivate you to keep moving on ~

Hey Guys, since I believe everyone has their own problem and its make us sometimes feeling so down and don’t know what to do to healing, I suggest to listen some songs that motivate us to keep moving on.

Please remember that nobody on this earth who’s own perfect life, some people decide to hide their problem or just to let it pass with its own way. The thing is we shouldn’t give up for any situation. Doesn’t God always give the hardest battle for the strongest soldiers? 

I sometimes listen to the songs that has motivation lyric, and magically its calm me and help to healing ><

I hope it same goes on you.

Here’s the list

1. Bruno Mars – Today My Life Begin

 Bruno Mars – Today My Life Begin lyric

2. Shakira – Try Everything

Shakira – Try Everything lyric

3. SNSD – Way To go

SNSD – Way To Go Lyrics

4. Noel – Together

Noel – Together lyrics

5. The Calling – Our lives

The Calling – Our Lives lyric

6. Rachel Platten – Fight Song

Rachel Platten – Fight Song

7. Kelly Clarkson – Stronger

Kelly Clarkson – Stronger lyric

8. Ello and friends – Buka Semangat Baru

Buka Semangat Baru

9. Ran and Tulus – Kita Bisa

Ran and Tulus – Kita Bisa

10. Daniel Powter – Bad Day

Daniel Powter – Bad Day lyrics

Hope you enjoy all the songs >< Trust me all of those songs are easy listening and eargasm >< ! Lets cheer up ♡♡

Research in Jambi, 2013

PS : Tulisan dibawah ini di edit sedikit dari tulisan aslinya di tahun 2013.

Pembukaan ~

Hi semua, selamat malam, its almost 00.00 right now, akhirnya gue kembali dengan cerita cerita  pengalaman yang ga akan gue lupain, Yup kali ini gue bakal cerita tentang pengalaman penelitian gue di Jambi. Judul skripsi gue adalah “Keanekaragaman Semut pada berbagai tipe penggunaan lahan di Jambi”.  Gue ke Jambi bareng anak S2, namanya mbak Ratna. Gue waktu itu baru kenal mbak ratna ya sejak mau mulai penelitian, sebelum sebelumnya belum pernah ketemu. Wanita berkaca mata ini kalo menurut gue oke banget passionnya, dia orang yang well prepared of everything, meanwhile gue tipikal yang spontan banget hahahaha. Cucok lah ya kita jadi team. 

Jambi dan Mes tercinta~

Pertama kali tiba di Jambi, pendaratan pesawat agak kasar nih,  pas tiba di bandara gue dan rombongan di jemput dan langsung menuju mes yang berada di telanai belakang kampus UNJA lama. Mes nya sih lumayan bagus, soalnya letaknya di ujung, depannya ada lapangan tenis, cuma kalo malem, gelap banget, suka ga keliatan kalo disana masih ada rumah yang kita gunain buat mes.

Pernah suatu malam, kota jambi ini kalo udah lewat waktu magrib alias jam 7an bakalan sepi sunyi senyap gitu. Bahkan mau naik angkot, angkot udah ga ada, adanya taksi. Gue and mbak ratna ampe pusing mau pulang ke mes gimana caranya. Waktu itu kita nongkrong di WTC kota Jambi, biasa deh, baru baru dr hutan, mau cari udara AC dikit hahahaha. Karena kita ga bisa naik angkot soalnya kalo malam itu udah ga ada, gue ama mbak ratna mutusin buat jalan kaki, siapa tau masih ada angkot berkeliaran. Dan ternyata bener, masih ada angkot. Cuma ada 1 mobil. Pas naik penumpangnya juga cuma gue dan mbak Ratna. Biasanya angkot cuma sampe depan komplek, tapi kita tawar si bapak buat antar kita ampe mes. Malam itu hujan ringan sih, tapi cukup lumayan bikin becek. Akhirnya sampai juga di mes. Angkot si bapak mau puter balik, tapi gagal gitu, soalnya tanah di halaman mes udah lembek karena kebasahan hujan. Akhirnya angkotnya stuck dan ga bisa muter. Berhubung udah malem, dan satu satunya rumah di ujung jalan yang berpenghuni cuma mes, gue ama mbak ratna inisiatif buat bantu si bapak majuin mobilnya supaya bisa puter balik. Kita berdua semangat 45 banget dorong angkotnya, ampe baju pada belepotan kena becek hahahahaha. Namanya juga super women ya, angkotnya berhasil kedorong ampe ke jalan beraspal, akhirnya si bapak dan anaknya pulang deh. Buat Bapak yang waktu itu bantu kita sampai dengan selamat di Mes, semoga rejeki nya terus dilancarkan ya. Terima kasih untuk hari yang tak terlupakan, hehehehe.

Di Mes ini kita juga ketemu sama Christian dan Judith, Mahasiswa Jerman yang ngelakuin penelitian di tempat yang sama. Kita suka ngobrol bahkan masak masak bareng, atau kalau malam Mba Ratna suka main gitar buat ngusir bosan. Sempet juga nih Ka Kidung tinggal di Mes ini dan Ka Rado tinggal di Mes Barat, Mes atu lagi yang ga beberapa jauh dari Mes ini (mereka kaka kelas gue), pas rumah rame, kita makan makan deh biasanya makan dari masakan sendiri hihi pada jago jago masak loh 🙂

Plot penelitian dan berbagai cerita berkesan.

Dalam penelitian gue ini gue punya beberapa tugas yang harus gue lakuin disetiap plot. Tugasnya si baiting namanya. Baiting disini maksudnya “umpan”. Mau tau gimana caranya? bisa kontek eike aja gengs, soalnya blog ini ga bahas skripsi hahaha. Plot penelitian gue dibagi 2 wilayah, Harapan dan Bukit Dua Belas.

Salah satu lokasi yang berkesan adalah Hutan Harapan. Karena hutan ini tuh masih asri banget. Gue bahkan bisa liat burung Rangkong beterbangan di langit dengan bebas tanpa ada batas antara gue sama burungnya (maksudnya ga kaya di bonbin). Selain itu pohon disini tinggi tinggi, bisa puluhan meter, berasa nonton National Geographic, surprisingly masih di Indonesia loh 🙂  Udah gitu jalanan untuk menembus masuk hutan yang agak terjal, karena jalannya adalah jalan yang baru di buka (jadi masih tanah asli). Pas pertama mendaratkan kaki di Hutan Harapan, gue ketemu banyak orang yang juga melakukan penelitian disana. Ada peneliti katak, peneliti ikan, peneliti burung dsbg. Salah satunya Pak Tejo, peneliti ikan. Untuk pertama kalinya gue ngerasa dunia penelitian itu adalah suatu hal yang keren banget dan patut dibanggakan plus pastinya bermanfaat banget. Bayangin aja untuk masuk hutannya aja gue harus melewati jalan yang susah kalo di pake buat mobil biasa, harus mobil khusus. Lewatin perkebunan sawit yang tingginya sampe puluhan meter. Kalo kata bapak sopir yang bawa mobilnya waktu itu, dia harus berapa kali supaya bisa hapal jalan menuju Hutan Harapan, karena kebanyakan berakhir nyasar. Dari gerbang masuk menuju plot juga lumayan jalannya, plot yang paling dekat itu bisa sekitar 30 menit jalan, dan yang paling jauh naik mobil sekitar 3 jam-an. Di dalam hutan, kita singgah di danau. Salah satu nama danau yang ada didalam hutan adalah danau Rohani. Disini nih beberapa peneliti amphibi dan ikan melakukn aktifitasnya. Oh iya, di area hutan ini, gue dan mba ratna tinggal di mes juga. Lumayan si kamar mesnya. FYI mes nya ini ditengah hutan, dan ga jauh dari mes ada kantor reki. Kadang kalo malem, air di mes suka jadi special, air cappuccino gitu (if you know what i mean) hahahaha biarpun gitu, untungnya partner gue mba Ratna yang periang gitu jadi apapun situasinya kita selalu happy ><. Selain Hutan, gue juga ke perkebunan karet dan sawit di daerah harapan. Selama mengunjungi beberapa plot gue dan mba Ratna stay di rumah warga. Waktu itu listrik belum masuk, jadi hampir semua warga punya jenset. Mudah mudahan sekarang disana udah ada listrik ya 🙂 Nama desanya Desa Bungku, dan Ibu pemilik rumah yang kita tempatin, baaaik banget, terima kasih Bu, semoga kita bisa bertemu dilain waktu dan semoga Ibu dan keluarga selalu diberi kesehatan. Nah perjalanan menuju setiap plot lumayan seru gengs, beberapa plot bisa ditempuh pake motor, jadi motornya agak di modif, biar kuat masuk ke dalem plot. Dan gue ama mbak ratna suka ganti gantian bawa motornya. Selain Desa Bungku, ada beberapa plot yang deket daerah Sarolangun, jadi kita stay juga di Sarolangun, disebuah mes yang disewa khusus buat peneliti lainnya. Disinilah kita ketemu ama banyak temen sesama peneliti. Selain Harapan, sebagian wilayah penelitian juga ada di Bukit Dua Belas dan sekitarnya. Untuk Hutan nya, juga ga kalah keren ko dengan harapan. Plot di hutan Bukti dua belas ini cm bisa ditempuh pake jalan kaki, paling deket jalan 30 menit, paling jauh jalan bisa 7 jam ampe gempor hahahaha. So di salah satu plot, kita awalnya jalan sekitar 3 jaman. Masuk hutan jam 9, baru nyampe plot jam 12, dan pas balik kita agak lama mungkin faktor lelah, jadi sekitar 4 jam lebih, hampir magrib baru bisa keluar hutan. Dan sepanjang jalan, gue udah capek banget dan kayanya udah habis tenaga banget secara minuman juga udah habis, dan kita harus ngelaju sebelum malem, karena kalo malem bisa makin susah buat jalan pulang. Tambah seru soalnya di badan ada sekitar 12 pacet nempel hahaha. Waktu itu gue pasrah ditempelin, yang penting keluar hutan dulu hihihi. Alhasil baju pada kerembes darah bekas cabutan pacet, eits ampe rumah bahkan ada pacet yang udah segede kelingking hihihi. Oh Iya tips anti pacet : ramuan rokok kretek yang direndem di air hangat, diamkan beberapa jam, lalu semprotkan keseluruh badan. Di Bukti Dua Belas kita sempet istirahat di rumah warga, di tengah hutan. Selain itu selama beberapa hari di bukit dua belas, gue dan mbak ratna tinggal di Rumah Ibu Dewi, di Desa Batu Kucing. TBH rumahnya bagus banget, favorite abis! Rumahnya terbuat dari kayu. Bu Dewi dan keluarga juga super baik 🙂 Wah jadi kangen ama mereka >< Di belakang rumah Bu Dewi ada sungai batang hari, kalo sore gue suka kesana >< sekedar liat pemandangan. Bawaanya happy aja, bahkan lagi nulis ini aja gue happy nulisnya.

Setiap masuk kesuatu tempat, kita pasti ketemu orang baru. Beberapa cuma bisa ketemu sekali aja, sisanya jadi temen sampe sekarang. Gue sama mba ratna ngalamin yang namanya pindah pindah lokasi mes. Beberapa plot hutan, gue ama mbak ratna ditemenin ama ranger (istilahnya pemandu kita buat di hutan) namanya mas rendi sama mas siapa ya satu lagi namanya xD hahaha, pokonya mereka berdua baik banget nemenin kita nyari plot terus masuk masuk hutan, sekalian ngabarin kalo nanti mereka nemu sarang semut xD hahahaha. Nah di mes Sarolangun juga ada beberapa asisten peneliti lain. Ada Melky, bang Idris dan Bayu. Selain itu kalo mes batu kucing, ada Bang Edy, Ka Herni, Ka Viktor dan Bang Bayu. Ada beberapa plot yang kita semua satu plot, jadi kalo ke plot kita suka berangkat bareng, ga lupa sebelumnya kita beli sarapan dulu biar ada tenaga menuju plot. Sebenernya nyari plot juga seruh sih, soalnya gue cuma dikasih peta terus disuruh cari lah tanda tanda plot di pohon, biasanya kalo ada plot selalu ditandain dengan pita plastic yang melingkar di pohon. Terus ikutin aja pohon pohon yang dikasih tanda plastik, ampe kita berhasi nemuin plotnya. Kadang motor ga bisa masuk ampe kedalem, jadi mau ga mau ya jalan kaki xD. Pernah waktu pulang dari plot di daerah Bukit Dua Belas tiba tiba jalan yang kita lewatin banjir, semakin ditunggu semakin banjir >< Untung Ka Viktor ahli bawa jetski motor (LOL sebenernya motor kita sih, cm karena ditenga banjir, anggep aja jetski). Seru banget lah penelitian ini, belom lagi gue yang pernah disangka beruang :”) gara gara gue kalo jalan suka ngendap ngendap, ada ibu penyadap kaget liat gue, eh dia teriak “YA ampun, ayuk, saya pikir beruang”, gapapa deh bu, semoga nanti saya jadi beruang ya, ber-uang yang banyak sekali LOL.  Mangkanya untung banget kalo plotnya dipinggir jalan.

Kadang kalau malam gue dan temen temen suka hang out di sekitaran kota. di Jambi juga ketemu temen baru yang kerja di lembaga penelitian tempat gue kerja, ada mba Mega, Mba Rizky, Kak Susi, Zulfi. Ada juga Pak Sahrul, Ka Tika dan Kevin, serta banyak teman teman lainnya yang seru seru dan penuh kesan buat gue.

Sekian dulu deh ceritanya, nanti lanjut lagi hihihi

“Take all the chance, think about the risk later, cause we better regret to do it rather than regret not to do it”

 

 

Being a “KPOP fan girl”

Hola, kini gue mulai kembali aktif setelah sekian lama banget ngambil waktu hiatus buat nulis (sebenernya bukan hiatus juga sih, namanya mah males nulis gue hahahahaha).

Oke langsung aja ke postingan gue ini, kali ini gue mau ngebahas soal “Menjadi seorang kpop fangirl”. Fangirl yang gue maksud disini itu sifatnya universal, mau itu fangirl ke western kek, india kek, ampe korea kek, bebas. Cuma kebetulan aja gue salah satu KPOP fans, maka postingan gue kali ini bakal mengerucut ke kpop fangirl.

JRENG, ga usah kebanyakan pembukaan, gue bakalan mulai, berikut hal hal yang bakal lo jumpain ketika lo jadi KPOP fangirl 

1. Waktu tidur bakal kekuras habis

Kenapa? Karena buat lo stalking idol adalah suatu ritual yang wajib and bakal terus lo lakuin tiap hari. Stalking disini ga stalking kaya jabanin rumah si idol, tapi lebih tepatnya nyari info update tentang idol yang lo suka. Semua news lo ikutin ampe membara bara bela belain jadi siluman kalong alias begadang, demi tau apapun yang berkaitan dengan idol lo.

2. Punya akun sosmed ga cukup satu

Yes, Punya akun sosmed itu ga cukup satu, lo pasti bakal bikin akun khusus buat kegiatan fangirl. Banyak alas an dibalik semua ini, mulai dari alasan ga enakan karena lo nyepam terus di timeline orang padahal orang yang baca juga ga paham apa yang lo obrolin, sampe alasan malu kalo lo ketauan masih ababil idolain kpop idol (HAHAHAHA ini sih gue banget). Alasan lainnya ketika lo punya akun fangirl, lo bakalan bebas lepas ngeluarin semua unek unek lo, lo bakal berubah jadi diri lo yg lain :p wkwkwkwkw, dari yang nerd pendiem ileran ternyata dibalik semua itu lo adalah gadis aktif yang penuh gairah (?).

3. Menguasai berbagai bahasa

Berhubung yang lo idolain ini dari negri gingseng, mau ga mau lo bakal berhadapan dengan bahasa mereka, ya bahasa korea. Tanpa lo sadari lo bakal secara perlahan mahir atau minimal tidak asing dengan bahasa korea. Mulai dari bahasa Korea yang simple ampe yang ribet bahkan ke sarcasm nya lo bakalan apal. Dan tanpa lo sadari hal ini suka kebawa ke kehidupan sehari hari. Selain bahasa korea, lo pasti mulai improve di English skill, karena kpop fans juga dari berbagai belahan dunia, dan rata rata source bakalan ditulis dengan English atau dengan Korean.

4. Menguasai istilah istilah baru

Berikut beberapa istilah istilah yang gue dapet setelah gue bergabung di dunia perkpopan :

Bias : Bias adalah salah satu member dari group yang paling lo gandrungin

Oppa : abang, sayang, kakak,mas, akang

Maknae : anggota termuda dari kpop group

Perbedaan : Fan site, masternim, fan account, fan page, fan taken, fan made, fan vid, fan photo, fan art, fan fic

Fan site : Fansite adalah suatu badan yang bakal menyediakan berbagai update berupa foto atau video dari kegiatan hari hari idol. Biasanya masing masing idol bakal memiliki beberapa fansite. Gue kasih contoh misalnya Sungyeol Infinite, doi punya fansite LOYEOL, EVERSINCE, etc. Dan setiap fansite bakalan punya ciri khas masing masing di setiap foto atau videonya. Yang paling ketara si watermark dari fansite itu. Apakah itu watermark? watermark adalah logo yang ada di fot0 untuk menunjukan pemilik asli (siapa yang mengcapture foto itu). Jangan lupa setiap lo repost untuk cantumin yang namanya credit. Credit disini bukan credit kipas angin atau panci, melainkan credit adalah keterangan sumber darimana lo dapet foto itu. Ya, meskipun fansite juga ga minta, tapi mari hargai kerja keras orang lain. Nih coba tengok foto dedek sungyeol yang super cute hasil jepretan kamera LOEYEOL, di pojok kiri bawah lo bakal temuin yang namanya watermark.

tumblr_mzxescQuFp1s0zutgo1_1280

Terus masternim itu apa? Yang pasti masternim ga ada hubungannya ama master chef apalagi master bean. Masternim disini adalah siapa yang mengambil foto tersebut. Masternim bagian dari fansite. Lo bisa panggil mereka dengan sebutan “Masternim”. Sejarahnya kenapa mereka dipangil masternim, mungkin karena mereka yang punya banyak foto foto gitu jadilah dipanggil master (oke gue mulai sok tau xD).

Fansite juga bakal bantu lo buat support idol, mulai dari support birthday sampe support kalo suatu waktu bias lo bakalan main drama.

Fan account dan fanpage, they are almost the same. Intinya biasanya dua hal ini bakalan update terus terusan tentang bias nya. TBH gue dulu sempet punya fanpage Sungyeol di Instagram, tapi udah close down. Nanti aja di bahas di post berikutnya hahaha.

Fanmade : edit video/photo bias

Fantaken : hasil jepretan dari fans (ga harus fansite atau masternim) fans biasa juga bisa buat fantaken.

Fanvid or fanphoto : sama aja pokonya hasil rekaman dari fans.

Fansite close down : Fansite tersebut sudah tutup akun dan memutuskan untuk tidak melanjutkan kegiatan fantakennya.

Hiatus : ambil waktu break atau istirahat dalam suatu jangkauan waktu

Fanfic : fanfic adalah suatu karangan cerita yang lo bikin berdasarkan imajinasi lo, pemainnya tentu saja para idol.

OTP : OTP adalah One True Pairing, dimana lo bakal suka banget liat dua orang member nempel terus kaya prangko.

OT3, OT4, etc : One True 3 etc, ketika lo ngefans banget sama geng di suatu group kpop, maka lo bakalan nyebut mereka One True .. nomer jumlah mereka.

00liner, 91 liner, 92 liner : istilah buat nyebut kelahiran dari identitas lo, misalnya lo kelahiran taun 45 maka sebutan lo adalah 45liner.

Fan war : Fan war adalah perang sesama fans, biasanya yang diributin itu masing masing fans bakal heboh bahas yang idol nya sendiri aja ga paham kenapa gituan diributin hahaha tapi gapapalah seru juga kalo ada fanwar, istilahnya kalo dalam sop nih, fanwar itu kaya merica, kalo sop kaga ada merica kan hmbar bingits.

dan banyak istilah istilah lainnya (please comment below if curious of something, I will be glad to help you to understand) hahaha gaya ye gue

5. Punya teman banyak dimana mana

Ga dipungkirin lagi namanya kegiatan fangirl, lo bakal punya temen dimana mana. Mulai dari di negri sendiri, sampe di negri seberang yang lo ga pernah ketemu seujung rambut pun. Kegiatan fangirl mau ga mau bakalan ngasah komunikasi skill lo, lo pasti bakal berhubungan ama banyak fangirl lainnya buat ngebahas idol favorit lo. Meskipun yang lo bahas itu itu aja, muter muter berkali kali, yah namanya juga ngefans hahahaha. Dari sini  juga lo bakal ngalamin yang namanya ditinggal temen fangirl. Ditinggal disini maksudnya temen temen fangirl lo bakalan move on dan stop doing fangirl things. Biasanya sih alesannya macem macem, ada yang gara gara udah punya pacar lah, udah nikah lah, ganti idola lah ampe karena emang udah bosen dan ngerasa udah tua (lah ini gue banget).Tapi kadang lo bakalan ngerasa sedih banget loh gara gara udah pada move on, jadi lo ngerasa sendiri dan udah ga ada temen buat fangirlingan. Tapi ga usah khawatir, kebanyakan temen fangirl juga jarang putus hubungan, mereka bakal lanjut temenan bahkan sahabatan meskipun topik obrolan udah bukan tentang fangirlingan.

6. Bakalan pinter saving money

Lo bakalan pinter nyimpen uang buat ditabung. Tujuannya banyak, dari mulai beli album, marchendise, kaos, atribut, tiket konser, bahkan tiket pesawat buat nyusul ke Korea. Punya koleksi album ga cuma datengin kebahagiaan tapi juga datengin kebanggaan. Apalagi dari hasil beli album lo bisa dapetin PC yang kadang bisa di treat ke orang lain misalnya lo kurang puas ama PC yg lo dapet. Atau bahkan bisa dijual 😂.

7. Gaya fashion berubah

Mungkin ga semua fans heboh ikutin k-fashion, tapi tanpa lo sadari lo bakal milih baju baju yg bergaya casual, cute atau hip hop ala ala korea. Minimal lo bakalan melek sedikit soal fashion. Dari mulai baju kegedean, celana jins robek, rok mini, pake snapback ampe yg extreme ikutin warnain rambut.

8. Ngerasa there’s nothing wrong being single, I still own my oppa
Buat yang ini no need explanation lah, fangirl pasti paham what I mean hahahaha

9. Menjadi lebih kreatif dan ekspresif

Fangirling bakal mengantar lo ke dimensi dimana lo bisa bebas luapin apa yang lo rasa. Dari mulai kesel gara gara bias di gosipin pacaran, kena fanwar ama fandom laen, bikin lawakan yang bikin ga bisa nafas gara gara ketawa kegirangan, ngenal istilah 17++ lebih awal (meskipun lo gak paham ya ikut ikutan aja), ngumpat ngumpat ga jelas dan sampe ngehayalin bias beneran tinggal dirumah lo. Kadang jadi fangirl bakal mikir apapun yg negatif jadi postif, yg positif jadi negatif. Intinya lo bakal lebih bebas.

10. Menjadi sendirian bukan suatu masalah selama gadget ada disekitar kita

Sampai juga di poin terakhir about being a kpop fangirl. Fangirling termasuk kegiatan murah. Karena dengan modal pulsa internet atau wifi lo bakal dengan mudah bahagia menikmati fangirling. Ga ada pulsa juga masih bisa FG an, misalnya ngulang ngulang MV, variety show atau segala macem file yg bisa lo save di gadget lo. Ga perlu keluar rumah panas panasan, atau bayar mahal demi cari kebahagiaan. Selain itu fangirking kadang maksa lo buat melek teknologi, mau ga mau harus hapal website mana aja yg bisa ngedukung koleksi lo. Lo bahkan paham cara ngehack website yg di blok 😂😂

Sekian 10 hal yang bakal lo alamin ketika lo jadi KPOP fans. Sebenernya masih banyak yang mau gue share. Tapi berhubung gue belom ada waktu buat nulis maka postingan ini bakal berlanjut di part berikutnya. So please comment below if you have same experience or want to add whats yours.

It’s okay to keep doing things that make you happy, as long as it doesn’t make you regret later cause you are too happy of being alone so that people leave you

[postingan ini berdasarkan opini dari si penulis, jika suatu saat menemukan hal yang tidak sejalan dengan isi dari postingan ini, mohon dimaklumi, cheers]

 

 

[RECEIPT] How to make KIMBAB?

Annyeong~

Gue kembali dengan postingan gue yang lain dari biasanya!

IMG_6541

Yep kali ini gue bakal mosting  resep masakan yaitu bagaimana cara membuat kimbab! Kalian pecinta korea pasti gak asing sama makanan yang satu ini, kim yang dalam bahasa korea berarti nori atau rumput laut dan bab yang dalam bahasa korea berarti nasi. Bentuk kimbab sih sama kaya sushi, sampai saat ini gue masih ga bisa bedain antara sushi dan kimbab, karena secara rasa dan look juga ga jauh beda, biasanya sih kimbab disajiin bareng kecap asin atau mayonaise, berhubung kalo beli gue suka ngerasa kecewa dengan toping yang terlalu sedikit atau nasi yang udah keras gue bertekat buat pelajarin gimana bikinnya~Ialah Ani dan Aty dua orang temen yg suka korea yang ngasih tau gue gimana cara bikinnya, bikinnya simple banget kok, cukup nyedianin bahan bahan dibawah ini :

1. Nasi (Nasinya kalo bisa agak lembek, dan udah mateng, yaiyalah XD )

2. Wortel

3. Kyuri (Timun)

4. Sosis Ayam

5. Crab (Kepiting Olahan)

6. Telor ayam

7. Nori (Rumput Laut) Lembaran

8. Minyak Wijen

9. Garam

Nah udah kan nyiapin bahan bahan diatas,sekarang saatnya kita mulai proses bikin kimbab!

1. Siapkan 2 centong nasi yang baru aja mateng dari rice cooker, kalo bisa masak nasinya airnya sedikit lebih banyak biar nasinya jadi lebih lembek, abis itu tetesin minyak wijen setengah sendok teh, campurkan garam secukupnya, jangan bikin rasa yang terlalu asin, nanti malah jadi gak enak, tapi ini sesuai selera sih, hehehe kemudian aduk nasi, minyak wijen dan garam menggunakan centongnya, aduknya semangat aja biar ketiga bahan nyampur dengan rata.

2. Sebenernya selagi nunggu nasi mateng sih kita bisa rebus sosis ayam dan Crab nya, tunggu aja sampe keduanya ngembang, abis itu angkat dan tiriskan, kemudian potong keduanya memanjang, untuk sosis bisa dipotong memanjang menjadi 4 bagian, kalo Crab cukup belah dua memanjang

3. Potong potong wortel memanjang tipis, bikin sampe 4-6 bagian, kemudian rebus, rebusnya gak lama, paling cuma sekitar 2 menitan, cuma buat ngelunakin wortel supaya gampang dipotong pas udah jadi kimbab.

4. Bikin telor dadar, kemudian potong memanjang.

5. Potong timun memanjang juga, timunnya ga usah terlalu banyak, supaya ga dominan pas udah jadi kimbab.

6. Siapkan nori diatas nampan, atau alas apapun lah yang penting bersih, taro nasi yang tadi terus ratain pake centong, jangan lupa diujung kimbab (dibagian kiri atau kanan atau atas atau bawah terserah) sekitar 1cm fungsinya buat nyisain bagian nori yang  jadi perekat, supaya kegulung dengan sempurna.

7. Susun sosis, timun, Crab, Wortel, Dadar diatas nasi, kalo bisa sih agak banyak, biar ,manteb rasanya hahaha

8. Gulungnya pake tangan kosong aja, tapi mungkin ini butuh keahlian khusus kaya gue HAHAHAHA tapi kalo kalian agak kesulitan, kalian bisa pake tiker tiker gulung yang biasa buat ngeggulung sushi, ujung nori yang tadi disisain, olesin pake minyak wijen, fungsinya baut nutu gulungan biar merekat.

9. Setelah digulung potong kimbab, buat yang ini sesuai selera, bisa dipotong atau dimakan langsung, motongnya jangan ketipisan, kalo bisa 1,5cm lah

10. Jangan dimakan sendiri, kalo bisa dibagi bagi sama yang lain HAHAHAHAH yah kalo perlu dijualin biar balik tuh modal beli bahan kimbab xD

11. Happy trying from Chef windae xD

IMG_6550